--> HIKMAH PUASA | Griya Ide dan Ilmu

Indahnya Berbagi Ilmu dan Ide

Selamat Datang Semoga Bermanfaat

Kamis, 25 Juli 2013

HIKMAH PUASA

| Kamis, 25 Juli 2013

            Sobat, pada psoting yang lalu saya berbagi tentang Sejarah Puasa, Do’a Saat Puasa, Do’a dan Bacaan pada Saat Puasa, dan kali ini saya akan akan berbagai, tentang Hikmah Puasa.
Ibadah puasa mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, di samping sebagai penghapus dosa-dosa bagi orang yang mengerjakan secara ikhlas. Berikuti ini himah puasa :
1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an (Syahru Nuzulil Qur’an) tepatnya tanggal 17 Ramadhan, sebagai mana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah: 185:

“Bulan Ramadhan itu, bulan diturunkan padanya Al-Qur’an, yang menjadi petunjuk bagi manusia dan penjelas dari pedoman serta pemisah antara yang haq dan yang batil”.

Dan firman Allah dalam Surat Al-Qadar: 1-5
”Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an itu pada malam qadar. Tahukah engkau apakah malam qadar itu? malam qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Para malaikat serta malaikat Jibril pada malam itu turun dengan izin Tuhan mereka untuk segala urusan. Malam itu sejahtera sampai terbit fajar”.

2. Allah akan menghapus dosa-dosa orang yang berpuasa Ramadhan. Sabda Rasulullah SAW :
Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramdhan dan mengetahui batas-batasnya, dan ia menjaga diri dari segala yang patut dijaganya, maka dihapuskan dosanya yang telah lalu”. (HR. Ahmad dan Al-Baihaqy dengan sanad yang baik).

3. Orang-orang berpuasa pada bulan Ramadhan, mulut dan tubuh mereka pada hari Qiamat akanAllah SWT buat wangi lebih wangi dari wangi minyak kasturi  seabagai mana hadist dariAbi Hurairah yang diriwayatkan Imam Ahmad, Muslim dan An-Nasai’.

4. Ibadah puasa adalah ibadah yang akan memasukan kita dalam surga dan ibadah yang tidak ada tandingannya. Sebagai mana Hadist Riwayat Ahmad dan An-Nasai’.

Hikmah puasa di atas hanya mencakup akhirat, sedangkan hikmah puasa bagi fisik dan kesehatan jasmani, seperti pendapat beberapa ahli kesehatan berikut:

1. Mencegah berbagai penyakit jasmani seperti penyakit usus, penyakit kencing manis dan sebagai perawatan terhadap penyakit buah pinggang kronis. Hal ini dikemukakan oleh dokter Abdul Azis Ismail dari Mesir.

2. Dapat menyembuhkan penyakit perut, darah tinggi dan penyakit urat. Ini dikemukakan Dr. Mas Fadon dari Amerika Serikat.

3. Dapat membantu menghambat penuaan dini. Ini pendapat seorang sarjan biokimia Rusia, Vladimir Niktin.

4. Puasa dapat berguna untuk menguatkan pertahanan kulit terhadap penyakit-penyakit kulit. Demikian pendapat Dr. M. Al-jauhari, guru besar penyakit Universitas Cairo.

Sementara itu Hikmah Puasa bagi kesehatan jiwa dan rohani di antaranya :

  • Mendidik agar manusia berjiwa sabar, tabah dan tidak gentar dalam menghadapi kehidupan.
  • Mendidik agar manusia menjauhi sifat-sifat kebinatangan dan harus memiliki sifat yang luhur.
  • Menanamkan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia.
  • Mendidik seseorang agar dirinya membagi waktu.

Demikianlah di antara Hikmah Puasa yang dapat saya bagikan saat ini jiwa masih ada hikmah yang lain boleh ditambahkan di kolom komentar. Terimaksih telah mampir di blog saya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat berpuasa. :-)




Related Posts

Tidak ada komentar:

Recent Posts